Ketua DPRD Sinjai Hadiri Pembukaan Latihan Posko I Kodim 1424 Sinjai TA 2020

Dprd.sinjaikab.go.id- Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal menghadiri pembukaan latihan Posko I Kodim 1424 Sinjai Tahun 2020, yang berlangsung di Halaman Makodim 1424 Sinjai, Rabu (17/6/2020).

Kegiatan ini digelar Korem 141/Toddopuli yang dihadiri Danrem 141/Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Forkopimda serta Kepala BPBd Sinjai, Drs. Budiaman.

Danrem 141/Toddopuli, Brigjen TNI Djashar Djamil, menyampaikan bahwa pelaksanaan latihan posko I Kodim 1424 Sinjai ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai tanggal 17-19 Juni 2020 yang diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan Kodim 1424 Sinjai dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan operasi penanggulangan bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan sebagai salah satu wujud pelaksanaan operasi militer.

Selain itu, kata dia, latihan posko I yang dilaksanakan merupakan latihan taktis tanpa pasukan yang diharapkan memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan staf Kodim 1424 Sinjai dalam proses pengambilan keputusan taktis guna menghadapi tugas-tugas kewilayahan sehingga didapatkan kesamaan persepsi terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemerinta Daerah untuk mengatasi penanggulangan bencana alam.

“Sehingga ketika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya maupun pemberian bantuan kemanusiaan tentunya diperlukan perencanaan dan penyiapan yang matang dari aparat Komando kewilayahan sehingga ketika terjadi bencana alam atau yang lainnya, Kodim 1424 Sinjai mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan ini ” jelasnya.

Melalui pelaksanaan latihan ini Danrem 141/Toddopuli yakin kepada prajurit Kodim 1424 Sinjai akan mampu melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah pada saat menghadapi dinamika perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), mengucapkan terima kasih atas peran TNI selama ini dalam membantu Pemerintah Daerah khususnya dalam penanggulangan bencana yang sudah cukup banyak melakukan kerjasama kepada Pemerintah Daerah.

Hal lain yang dilakukan TNI dalam membantu Pemerintah Daerah seperti penanganan Covid-19 yang dilakukan para prajurit TNI dalam penjagaan pada posko-posko perbatasan yang ada di Kabupaten Sinjai.

“Saya berharap semoga dengan adanya pelatihan ini akan menjadi pelatihan yang terbaik untuk Kodim 1424 sinjai kedepannya” harapnya. (Nt)