Komisi I DPRD Sinjai Gelar RDP Bersama Dinas Pendidikan

Dprd.sinjaikab.go.id- Komisi I DPRD Sinjai menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan, di Ruang rapat DPRD, Rabu (1/12/2021).

RDP digelar sehubungan adanya aspirasi yang masuk terkait kriteria penerimaan beasiswa untuk Mahasiswa Sinjai yang dianggap tidak sesuai mekanisme.

“Terkait kriteria penerimaan beasiswa untuk mahasiswa, HMI meminta diperjelas tentang kriteria tersebut” kata Ketua Komisi I DPRD Fachriandi Matoa saat membuka rapat.

Kepala Dinas Pendidikan, Andi Jefrianto Asapa, mengaku terkait penerimaan beasiswa untuk mahasiswa ini masih dalam proses masa sanggah sehingga ketika dianggap tidak sesuai, mahasiswa berhak melakukan sanggahan hasil seleksi tersebut.

“Proses seleksi penerimaan beasiswa kami sudah melaksanakan sesuai mekanisme yang ada baik itu dari sosialisasinya maupun verifikasinya dan ini masih proses masa sanggah jadi apabila ada sesuatu yang dianggap tidak sesuai silahkan melakukan sanggahan” jelasnya.

Kabag Hukum Setdakab Sinjai, Andi Adis Dharmaningsih Asapa, menyampaikan bahwa terkait pedoman perubahan perbup sudah mengalami beberapa perubahan yang mencakup beberapa bidang dalam hal prestasi mahasiswa.

“Adapun perubahan tersebut dengan alasan mempermudah mahasiswa dalam proses seleksi penerimaan beasiswa dengan pastinya sesuai kriteria dan mekanisme yang telah ditetapkan” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Sinjai Sabir menyampaikan bahwa tugas DPRD yakni pengawasan termasuk Perbup yang telah dibuat.

“Terkait pemberian beasiswa adalah kewenangan pemerintah daerah yang pastinya sesuai kriteria yang telah ditentukan” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin mengatakan bahwa pada intinya apa yang dibahas pada pertemuan ini sebenarnya bukan merupakan permasalahan karena proses penerimaan beasiswa tersebut masih tahap masa sanggah.

“Adapun yang disampaikan para Anggota Komisi I DPRD itu merupakan saran atau masukan untuk Dinas Pendidikan terhadap penerimaan beasiswa kedepannya apalagi program tersebut merupakan salah satu visi misi Bupati Sinjai” jelasnya.

Turut hadir, para Anggota Komisi I DPRD Sinjai seperti Hj. Nurbaya Toppo, Zahra Usman, Muhammad Wahyu, Rustan, Darna, tim Pansel Dinas Pendidikan serta perwakilan Inspektorat.