DPRD Sinjai Setujui Ranperda Perubahan APBD Tahun 2021 Menjadi Perda

Dprd.sinjaikab.go.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sinjai menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah APBD Tahun 2021 di Ruang Paripurna DPRD Sinjai, Jumat (15/10/2021).

Sebelum diserahkan Ranperda perubahan APBD tersebut telah dibahas DPRD bersama tim Anggaran Pemkab Sinjai.

Rapat Paripurna ini juga dirangkaikan dengan Penandatanganan sekaligus penyetujuan Anggota DPRD untuk menetapkan Ranperda perubahan APBD tahun 2021 menjadi Perda.

Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin saat memipin Rapat Paripurna menyampaikan bahwa Rapat Paripurna ini merupakan rangkaian akhir dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 yang dimana diketahui melewati berbagai tahapan pembahasan.

Dikatakan, Rentetan tahapan tersebut bukan hanya sebagai implementasi dari jumlah regulasi namun lebih dari itu, menjadi instrumen dalam upaya melahirkan kebijakan anggaran yang betul betul memiliki kualitas, baik dalam asumsi pendapatan riil melalui inventarisasi seluruh potensi penerimaan daerah, begitu pula dalam perubahan alokasi belanja dengan memperhatikan kebutuhan daerah yang paling prioritas.

“Patut kita syukuri bersama karena ditengah pandemi Covid-19 serta berbagai dinamika yang terjadi, pembahasan tetap dapat terlaksana dengan baik, berkat terjalinnya sinergitas antara DPRD dan Pemerintah Daerah, mesikpun dalam proses pembahasan terkadang diwarnai dengan adu argumentasi dan perbedaan pendapat” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam sambutannya mengingatkan agar seluruh pejabat struktural, fungsional dan staf wajib bertanggung jawab atas pencapaian target kinerja program dan kegiatan, baik secara fisik maupun keuangan.

“Saya menginginkan agar tidak menjalankan program dan kegiatan yang telah kita rencanakan, menyimpang dari ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Bila terdapat kemungkinan masalah untuk segera dikomunikasikan dan dikonsultasikan secara terbuka kepada pimpinan sehingga kita dapat menemukan dan menemukan solusi terbaiknya” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Bupati ASA akan tetap terbuka dan bekerja sama dengan dewan untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kedewanan.

Dalam Rapat Paripurna ini, Sekretaris DPRD Drs. Janwar membacakan Ringkasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun Anggaran 2021.

Rapat Paripurna tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, Sekda, para Asisten serta Staf Ahli Bupati Sinjai.

Sedangkan yg mengikuti secara virtual Forkopimda serta para Kepala Perangkat Daerah.

Penulis: Nita