Pimpinan DPRD Hadiri Pencanangan Kawasan Siaga Bencana

Dprd.sinjaikab.go.id- Pimpinan DPRD Sinjai yang terdiri dari Ketua DPRD Jamaluddin, Wakil Ketua I DPRD Sabir dan Wakil Ketua II DPRD Mappahakkang Menghadiri Pencanangan Kawasan Siaga Bencana (KSB) di Lapangan Lappadata, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kamis (18/11/2021).

KSB merupakan wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat resmi dicanangkan di Kabupaten Sinjai.

Pencanangan sekaligus pengukuhan pengurus KSB yang dilakukan oleh Kepala BPBD Sulsel, Muhamamd Firda turut dihadiri Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, Sekda Sinjai Akbar, dan Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan Sumber Daya Kemensos RI, Indra Bismantara, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Sinjai dan beberapa perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) se-Sulawesi Selatan.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan Sumber Daya Kemensos RI, Indra Bismantara dalam sambutannya menyampaikan bahwa KSB adalah wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang berada di Kelurahan dan dijadikan kawasan/ tempat untuk program penanggulangan bencana.

Dikatakan, KSB didirikan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan setempat.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong mengatakan tujuan pencanangan KSB ini untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

“Saya berharap adanya partisipasi semua pihak, baik itu dari pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakat, untuk bersinergi, berkolaborasi, melakukan langkah konkrit dan realistis untuk mengantisipasi kemungkinan dampak terburuk daru kejadian bencana di terkhusus di Kabupaten Sinjai” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga sekaligus simulasi standar operasional kawasan siaga bencana.