Ketua Komisi I DPRD Sambut Baik Pelatihan Penguatan Kehumasan IWO Sinjai

Dprd.sinjaikab.go.id- Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa mengapresiasi Pelatihan Jurnalistik yang digelar Ikatan Wartawan Online (IWO) Sinjai bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo).

Apresiasi itu dilontarkan Fachriandi Matoa, lantaran IWO Sinjai mampu mengambil peran membantu Pemerintah dalam penguatan fungsi kehumasan yang ada di jajaran Pemkab Sinjai.

“IWO Sinjai Is good, ini yang kita mau karena disetiap rapat kami memang selalu mendorong Pemkab agar kehumasan perlu penguatan dan IWO menyambut baik itu”, ungkap Fachriandi Matoa usai pembukaan pelatihan Jurnalistik IWO Sinjai di Aula Pertemuan Hotel Grand Rofina Sinjai, Kamis (14/10/2021).

Menurut Fachriandi, penguatan kehumasan memang perlu dilaksanakan karena selain berfungsi sebagai penyebaran informasi pembangunan ke publik, penguatan kehumasan juga diharapkan dapat menangkal berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya atau hoaks.

“Itulah pentingnya penguatan-penguatan di bidang kehumasan bisa menyerap, menyaring dan meluruskan informasi hoaks. Inilah peran jurnalis maupun humas termasuk kita semua,” tambahnya.

Olehnya itu, legislator Partai Gerindra Sinjai ini berharap penguatan kehumasan terus dilakukan karena informasi di era digitalisasi sekarang ini menuntut semua kita untuk jeli menyaring informasi.

“Tidak boleh berhenti dan tidak boleh dilakukan hanya sekali. Kedepan saya berharap penguatan kehumasan pemerintah desa/kelurahan juga diperhatikan termasuk peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Diskominfo Sinjai sebagai agen informasi di desa karena informasi identik dengan perubahan yang sangat cepat dan signifikan sehingga penguatan atau peningkatan sumber daya mesti dikuatkan dan terus di update,” harap Fachriandi.

Pelatihan jurnalistik bagi Humas OPD dan Forkopimda se-kabupaten Sinjai ini sebelumnya dibuka oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Kegiatan ini diikuti sekitar 69 humas OPD dan Forkopimda, termasuk humas Seketariat DPRD Sinjai.

Penulis: Nita