DPRD Apresiasi Pembentukan Satgas Siaga Bencana

Anggota DPRD Sinjai, H. Akmal MS saat menghadiri rakor pembentukan Satgas Siaga Bencana di ruang pola Kantor Bupati Sinjai.

DPRD.SINJAIKAB.GO.ID,- Anggota DPRD Sinjai, Akmal Muin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Satgas Siaga Penanggulangan Bencana, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (8/1/20).

Rapat dipimpin, Wakil Bupati Sinjai Hj. A. Kartini Ottong, yang dalam arahannya berharap dengan akan terbentuknya tim satgas dapat menjadi pertanda bahwa negara Indonesia melalui unsur aparatur Pemerintah hadir ditengah rakyat dalam penanggulangan bencana sehingga kehadiran tim satgas didaerah ini khususnya di Kabupaten Sinjai dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya untuk rakyat.

Lebih lanjut A. Kartini menyampaikan bahwa titik fokus dalam kegiatan penanggulangan bencana di arahkan kepada aspek mitigasi dan perlindungan kepada warga masyarakat yang berlangsung mulai dengan kegiatan pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

“Keberadaan tim satgas nantinya adalah kerja tuntas dan fokus pada titik akhir sehingga tim ini dibentuk dengan prinsip emergency inset” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sinjai, Akmal Muin menyambut baik pembentukan satgas penanggulangan bencana ini karena menurutnya Kabupaten Sinjai adalah rawan bencana mengingat beberapara tahun yang lalu Kabupaten Sinjai pernah mengalami Banjir Bandang yang menyebabkan ratusan warga meninggal dunia oleh karena itu, memang perlu adanya satgas ini untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Sekarang ini memasuki musim hujan, oleh karena itu kita patut mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan” katanya.

Lebih lanjut, ia menyarankan kepada Dinas PU agar menyimpan excavator (alat berat) di Daerah Rawan Longsor seperti di Kecamatan Sinjai Borong, Kecamatan Sinjai Tengah dan Kecamatan Sinjai Barat, guna mengantisipasi akan terjadinya longsor di Kecamatan tersebut.

Turu hadir, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Oo Sahrojat, Kapolres Sinjai AKBP Sabpril Sesa, Asisten I Setdakab Sinjai, Mukhlis Isma, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs. Budiaman, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan