Pesta Adat Marimpa Salo

HUMAS_DPRD, Sinjai 10/10/2017. Berlokasi di Desa Sanjai,tepatnya dihulu sungai desa Bua, puluhan warga menyaksikan pelaksanaan pesta adat Marimpa Salo

Anggota DPRD Terima Aspirasi Warga Lappa’
Upacara peringatan hari kesaktian pancasila
Ketua DPRD Sinjai hadiri pembukaan STQ KE-III tingkat Kabupaten Sinjai

HUMAS_DPRD, Sinjai 10/10/2017. Berlokasi di Desa Sanjai,tepatnya dihulu sungai desa Bua, puluhan warga menyaksikan pelaksanaan pesta adat Marimpa Salo, yang dirangkaikan dengan berbagai pertunjukan kesenian,budaya,dan lomba-lomba, seperti lomba perahu hias, lomba karaoke,pertunjukan tari tradisional, dan berbagai pertunjukkan lainya. Selasa, 10/10/2017.

Kegiatan yang merupakan salah satu event Tahunan Kabupaten Sinjai ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar, Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar, Wakil Ketua II DPRD Sinjai Hj. Andi Kartini,  Unsur Fokompimda, para Kepala OPD Kabupaten Sinjai, Camat Sinjai Timur Tamzil Binawan, Kepala Desa Sanjai A. Muh Arsal, dan berbagai tokoh adat, agama, dan Masyarakat Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar, dan diringi berbagai pertunjukkan budaya seperti Osong, tari-tari tradisional, Mappadekko,malancca dan “ma’pelo” atau adu panco, yang diperlihatkan oleh para anggota sanggar seni binaan Dinas Pariwisata Sinjai, dan hal unik lainya pada pembukaan ini adalah Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar menantang Ketua DPRD Sinjai Abdul Haris Umar dalam “ma’pelo” atau adu panco ini, yang menambah kemeriahan kegiatan ini.

Marimpa salo Tahun 2017 ini, menyedot perhatian besar dari warga sekitar bahkan turis manca negara, sehingga Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar saat membuka kegiatan ini, mengajak seluruh element masyarakat untuk terlibat dan bersinergi dalam menyukseskan kegiatan ini agar kedepannya kegiatan ini dapat menjadi salah satu bentuk nyata pembangunan di Kabupaten Sinjai.

“event ini telah menjadi agenda tahunan pemerintah Kabupaten Sinjai sehingga kami mengajak kepada seluruh element untuk bersinergi dalam upaya meningkatkan pelaksanaan event ini, yang kedepan dapat menjadi salah bentuk perwujudan pembangunan di Kabupaten Sinjai” ucap Andi fajar saat membacakan Sambutan Bupati.

Setelah acara pembukaan pada kegiatan ini, kegiatan dilanjutkan dengan acara inti  yakni Marimpa Salo atau mengahalau sungai, untuk mengarahkan ikan ikan yang ada di sungai untuk masuk ke jaring yang telah di pasang di hulu sungai, dengan  menggungakan perahu-perahu hias yang mengikuti lomba pada event ini.

Komentar Facebook

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0