Komisi II kunjungi petani bawang Desa Arabika

Komisi II kunjungi petani bawang Desa Arabika

HUMAS_DPRD, Sinjai, 30/08/2017. Menindak lanjuti hasil rapat kerja kemarin (29/08/2017), Komisi II DPRD Sinjai Bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikul

Rapat Kerja dan perkenalan Komisi III bersama mitra kerja
DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hasil Pilkada dan Pengganti Wakil Ketua DPRD Sinjai
Upacara peringatan hari kesaktian pancasila

HUMAS_DPRD, Sinjai, 30/08/2017.
Menindak lanjuti hasil rapat kerja kemarin (29/08/2017), Komisi II DPRD Sinjai Bersama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, melakukan kunjungan kerja ke Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat, terkait program bantuan bibit bawang yang disalurkan kepada beberapa kelompok tani, yang hasilnya dianggap kurang maksimal. Rabu, 30/08/2017.

Pada kunjungan kerja Komisi II DPRD Sinjai ini dihadiri langsung oleh, Ketua Komisi II Sinjai H. Abdul Salam Dg Bali, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Hj.Marwatiah, Kepala Desa Arabika, Andi Baso Ag, para Penangkar bibit bawang, para Penyuluh, bersama Anggota Komisi II DPRD Sinjai lainya.

Kunjungan ini ditujukan sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD atas pengawasan program Pemerintah Daerah Tahun 2017, khusus untuk program bantuan bibit bawang ini, merupakan bentuk pengawasan Komisi II terhadap OPD mitra kerjanya, yakni Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai.

Komisi II DPRD dan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, turun langsung ke Desa Arabika, Kecamatan Sinjai Barat untuk melihat tanaman bawang petani, dan mengecek langsung penyebab kurang maksimalnya pelaksanaan program bantuan bibit bawang ini, dengan memperhatikan berbagai indikasi yang ada, seperti, ditengarai adanya tindakan “nakal” dari penangkar, yakni mencampur bibit bawang unggulan dengan bibit bawang biasa, adanya kondisi cuaca ekstrem, dan proses penanaman bawang yang tidak sesuai dengan prosedur penanaman, yang kemudian hal ini didiskusikan secara bersama, antara Pihak Komisi II, Dinas Tanaman Pangan, Holtikutura dan Perkebunan, Pemerintah Desa Arabika, Para Penyuluh Pertanian, Penangkar Bawang, dan beberapa Petani bawang yang ada, hingga segala bentuk indikasi tersebut dapat diluruskan dan menemukan solusi untuk ditempuh oleh pelaksana program bantuan ini yakni para penyuluh, penangkar dan petani bawang.

H.Abdul salam Dg. Bali, pada kesempatan ini berharap, kunjungan kerja ini dapat memberi efek positif pada hasil pelaksanaan program bantuan bibit bawang ini, dan menjelaskan bahwa kunjungan kerja ini merupakan salah satu bentuk dari fungsi dan tugas DPRD Sinjai dalam mengawal segala bentuk aspirasi masyarakat yang masuk.

“Kami berharap, semua pihak yang terlibat dalam program ini, kedepan agar dapat bekerja lebih efektif lagi, sehingga dapat berdampak positif bagi para petani dan hal ini juga dilaksanakan berdasar pada aspirasi dari para petani, sehingga kehadiran DPRD sekaligus untuk meluruskan semua aspirasi masyarakat yang masuk, terkait bantuan bibit bawang ini” ungkap H. Bali

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikulrura dan Perkebunan, menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Komisi II ini,dan berharap kunjungan ini dapat memberi motivasi kepada para penangkar bawang agar menyalurkan bibit yang baik kepada para petani.

“Ini adalah bentuk kerja sama yang baik antara pihak DPRD dengan pemerintah daerah, dan sangat membantu dalam upaya pengembangan program khususnya di Dinas kami, dan kami berharap kunjungan kerja ini dapat memotivasi para penangkar bawang agar menyalurkan bibit yang baik, sehingga berdampak pada hasil panen petani yang sesuai dengan apa yang diharapkan” tutup Hj. Marwatia.

Kunjungan lapangan ini pada dasarnya adalah sebagai upaya bersama pihak Komisi II DPRD Sinjai dan Pemerintah Daerah, dan dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan, Holtikutura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai untuk melihat keberhasilan program bantuan bibit bawang ini, yang  diharapkan kedepan dapat berdampak pada kesejahteraan para petani.

Komentar Facebook

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: