Komisi I rapat dengar pendapat sengketa lahan di Desa Palae

Komisi I rapat dengar pendapat sengketa lahan di Desa Palae

HUMAS_DPRD, Sinjai, 08/09/2017. Dengan mengundang pihak-pihak terkait seperti Kabag Pemerintahan Umum A. Yusran Maddolangeng, Camat Sinjai Selatan, Ag

Dialog Sumpah Pemuda HMI Cab Sinjai
Hari Lahir Pancasila – Ketua DPRD Sinjai Didaulat Bacakan Teks UUD 1945
Pelantikan kepala desa antar waktu Desa Saohiring dan Desa Bonto

HUMAS_DPRD, Sinjai, 08/09/2017. Dengan mengundang pihak-pihak terkait seperti Kabag Pemerintahan Umum A. Yusran Maddolangeng, Camat Sinjai Selatan, Agus Salam, Kepala Desa Palae, Kepala Dusun Ajucolo’e, beserta LSM Koalisi Anti Korupsi (KATIK), Komisi I DPRD Sinjai melaksanakan rapat dengar pendapat terkait sengketa lahan yang terjadi di Desa Palae, Dusun Ajucolo’e, dimana diduga terjadi penjualan tanah milik warga tanpa sepengetahuan dari pemilik tanah, yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD Sinjai. Jumat, 08/09/2017.

Rapat dengar pendapat yang di pimpin langsung oleh Ketua Komisi I H. Sabir dan didampingi oleh Sekretaris¬† Komisi I Hj. Kusmawati ini, membahas terkait Tanah kebun yang berlokasi di Desa Palae Dusun Ajucolo’e, yang diserobot oleh warga yang bernama Zainabe, dengan melakukan penjualan tanah dan aktifitas berupa penebangan pohon yang ada dikebun tersebut, yang selama ini dikelola oleh warga bernama Karang, melalui LSM KATIK yang mengawal sengketa ini menjelaskan, bahwa tanah ini merupakan tanah warisan, yang saat ini belum jelas pemilik sahnya, sehingga apa yang dilakukan oleh Zainabe dianggap sebuah bentuk perampasan hak atas tanah tersebut.

Sebagai bentuk solusi atas sengketa ini, Ketua Komisi I DPRD Sinjai H. Sabir menyimpulkan bahwa sengketa ini agar dapat dibicarakan ditingkat pemerintah Kecamatan dan Desa, untuk kemudian diselesaikan secara persuasif.

Sementara itu, Ketua LSM Koalisi Anti Korupsi (KATIK) Sabir, mengungkapkan apresiasinya kepada DPRD Sinjai, khususnya Komisi I yang telah memfasilitasi semua pihak terkait untuk ikut membicarakan persoalan sengketa ini, sehingga pada rapat dengar pendapat ini dapat sepaham untuk kemudian menyelesaikan sengketa ini secara persuasif.

Diakhir rapat, H. Sabir juga mengungkapkan, bahwa hal ini juga akan ditindak lanjuti dengan kunjungam langsung ke lokasi sengketa, dengan harapan ada pihak-pihak yang dapat memberi keterangan lebih lanjut atas sengketa ini.

Komentar Facebook

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0