Ketua DPRD Dampingi Bupati Sinjai Study Komperatif di Kota Semarang

Ketua DPRD Dampingi Bupati Sinjai Study Komperatif di Kota Semarang

Humas DPRD Sinjai- Penanganan genangan air dan banjir di sejumlah titik dalam Kota Sinjai ketika hujan turun, di sikapi serius Bupati Sinjai Andi Set

Hadiri HBA Ke 59 Tahun 2019, Ini Kata Ketua DPRD Sinjai
Ketua DPRD Sinjai Hadiri Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah se- Sulsel
Ketua DPRD Bersama Bupati Sinjai Tinjau Jembatan Gantung Di Lokasi TMMD

Humas DPRD Sinjai- Penanganan genangan air dan banjir di sejumlah titik dalam Kota Sinjai ketika hujan turun, di sikapi serius Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa. Hal ini terbukti dengan melakukan kunjungan kerja (Study Komperatif) ke Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (27/08/19).

Rombongan Pemkab Sinjai yang terdiri dari Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar, unsur Forkopimda, Kadi Parbud Sinjai, Haerani Dahlan, Plt Kadis Kominfo dan Persandian, Irwan Suaib, Kepala BPBD Sinjai Drs Budiaman, Sekretaris PUPR Nasaruddin Taha, Sekretaris Bappeda Abral Awali, Plt Camat Sinjai Utara A. Jefrianto Asapa, diterima di Gedung Moh Ihsan Lantai 8 Kantor Walikota Semarang.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, mengatakan, pemilihan kota Semarang, menurut Bupati Sinjai karena kota ini dianggap cukup berhasil menanggulangi bencana banjir di daerahnya.

“Setelah kita diskusi dan rembuk bersama pihak terkait termasuk Forkopimda, kota Semarang lah yang kami pilih selain kondisi alam yang hampir sama dengan Sinjai dan sudah berhasil menanggulangi banjir,” katanya.

Meski tidak berskala besar, namun genangan dan banjir di Sinjai, ungkapnya tetap menimbulkan kerugian di masyarakat sehingga sebagai kepala daerah, ia mengaku bertanggung jawab dan menginginkan reaksi cepat dalam menangani masalah tersebut.

Apalagi sesuai data dari BPBD, jika kondisi tanah di sekitar Lapangan Sinjai Bersatu ke RSUD Sinjai mirip cekungan. Bahkan kedalaman tanah  didaerah itu sekitar 50-70 cm diatas permukaan laut.

“Ini yang menjadi perhatian serius kita, sebab kejadian ini terbilang sudah menjadi langganan tanpa ada solusi sama sekali,” sambungnya.

Andi Seto berharap apa yang dilakukan Pemkot Semarang dalam mengatasi banjir di wilayahnya juga dapat diterapkan di Bumi Panrita Kitta, seperti pembangunan bendungan, waduk dan kolam retensi.

Pembangunan tersebut kedepan juga diharapkan tidak hanya sebatas untuk mengatasi banjir saja tapi juga bermanfaat di sektor pertanian dan pariwisata.

“Ini juga bisa kita manfaatkan sebagai sumber air untuk pengairan lahan pertanian dan sebagai obyek wisata yang dapat meningkatkan PAD kita,” jelasnya.

Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar juga menyampaikan bahwa Kunjungan ini semata-mata demi Bumi Panrita Kitta, menurutnya penanganan banjir sangat penting di kota sinjai karena merugikan masyarakat.

“Saya berharap mudah-mudahan kita bisa mengikuti Kota semarang yang sudah berhasil dalam mengatasi banjir” harap Abd Haris Umar.

Sementara itu, Wakil Wali kota Semarang Ir Hj Hevearita Gunaryanti menyambut baik kunjungan Bupati bersama rombongan. Ia bahkan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sinjai yang telah bersedia berbagi ilmu terkait penanganan banjir yang menjadi prioritas visi misi Pemkot Semarang.

“Semoga bisa menjadi acuan, ini juga menjadi salah satu sinergi yang luar biasa, bagaimana pembangunan itu menjadi prioritas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Terpisah, Kepala BPBD Sinjai Drs Budiaman, menuturkan, kunjungan ini adalah cerminan tekad Bupati untuk mengatasi permasalahan genangan air dan banjir di Sinjai.

Komentar Facebook